[Review materi pertemuan 7 Aplikasi Komputer] E-Commerce

E-Commmerce

Kali ini di postingan artikel saya, saya akan membahas materi tentang “E-Commerce”, nah apa itu E-commerce? E-commerce atau dalam bahasa indonesia disebut sebagai Perdagangan Elektronik serta disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping. Contoh dari e-commerce dapat berupa pembelian barang elektronik, buku, pakaian, tas, jam dan kebutuhan tersier lainnya yang dilakukan secara online dimana pihak penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja saya bahas penjelasan tentang E-Commerce ini…

E-COMMERCE

  • Definisi Pemasaran

– Philip Kotler
Proses sosial dan manajerial dengan suatu individu dan kelompok akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran produk dari nilai dengan orang lain.
Definisi ini bersandar pada konsep inti berikut: kebutuhan, keinginan, tuntutan, produk, nilai, biaya dan kepuasan, pertukaran dan transaksi, hubungan dan jaringan, pasar, pemasar dan prospek.

  • Definisi (cont)

1.  Kebutuhan

– ada di biologi mereka tidak diciptakan oleh pemasar

– yaitu tempat tinggal, makanan, pakaian, keamanan, milik, harga diri

2. Keinginan

– Kebutuhan makanan seperti ingin hamburger, kentang goreng, coke.

– Keinginan terhadap produk tertentu yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya

  • Definisi Commerce

Pertukaran barang dan jasa untuk uang
Terdiri dari:
1. Pembeli, adalah orang-orang dengan uang yang ingin membeli barang atau jasa.
2. Penjual,  adalah orang-orang yang menawarkan barang dan jasa kepada pembeli.
3. Produsen, adalah orang-orang yang menciptakan produk dan layanan yang penjual tawarkan kepada pembeli.

  • Elemen Commerce

1. Adanya Produk atau jasa untuk dijual
2. Adanya tempat  untuk menjual produk
3. Memiliki cara untuk mendapatkan orang untuk datang ke tempat Anda.
4. Memiliki cara untuk menerima pesanan.
5. Memiliki cara untuk menerima uang.
6. Memiliki cara untuk memberikan produk atau layanan, sering dikenal sebagai pemenuhan.
7. Memiliki cara untuk menerima kembali, karena terkadang seorang pelanggan tidak suka dengan yang mereka beli
8. Memiliki layanan pelanggan dan departemen dukungan teknis untuk membantu pelanggan dengan produk.

  • Pengantar E-commerce

– E-Commerce, Web, Jaringan, Internet
– Evolusi bisnis baru
– Adopsi Brick dan Mortar perusahaan untuk ekonomi baru
– kegagalan pasar dan penjelasan ekonomi untuk ekonomi baru

  •  Sejarah E-commerce

aplikasi EC pertama kali dikembangkan pada awal tahun 1970
– transfer dana elektronik (EFT)
Terbatas pada:
– Perusahaan-perusahaan besar
– Lembaga keuangan
– Beberapa usaha berani lainnya

Pertukaran data elektronik (EDI) Transfer Electronic dokumen:
– Order pembelian
– Faktur
– E-pembayaran antara perusahaan melakukan bisnis

Memperbesar lapangan yang meliputi:
– Produsen
– Pengecer
– Penyedia jasa

Keberhasilan E-Commerce
– Murni secara online: eBay, VeriSign, AOL, Pos pemeriksaan
– Klik-dan-mortir: GE, IBM, Intel, Schwab

Kegagalan E-Commerce
– E-tailors mulai gagal pada tahun 1999
– Ini tidak berarti bahwa hari E-Commerce diberi nomor
– perusahaan E-Commerce yang besar seperti Amazon.com memperluas, tetapi keberhasilan atau kegagalan tidak pasti

  • Mekanisme E-Commerce

Transformasi kegiatan ekonomi ke dalam media digital
– Pertukaran informasi, konten, perjanjian, dan jasa antara pihak-pihak yang terhubung ke melalui Internet.Memungkinkan cara-cara baru untuk menciptakan, memberikan dan menangkap nilai kepada pelanggan.
– Ketersediaan
– Kenyamanan

Apa itu E-commerce ?

E-Commerce: Mendistribusikan, membeli, menjual dan pemasaran produk dan jasa melalui sistem elektronik
– E-bisnis untuk transaksi komersial
– Melibatkan manajemen rantai pasokan, e-marketing, pemasaran online, EDI
– Menggunakan teknologi elektronik seperti:
– Internet
– Extranet / Intranet
– Protokol

  • Kekuatan Membentuk Era Digital

1

1. Digitalisasi & Konektivitas
– Intranet: menghubungkan orang-orang dalam perusahaan.
– Extranet: menghubungkan perusahaan dengan pemasok, distributor, dan mitra di luar.
– Internet: menghubungkan pengguna di seluruh dunia.
2. Ledakan Internet
–  Pertumbuhan di seluruh dunia ledakan membentuk jantung Ekonomi Baru.
–  Peningkatan jumlah pengguna setiap bulan.
– Perusahaan harus mengadopsi teknologi Internet atau risiko yang tertinggal.
3. Jenis baru dari Perantara:
Penjualan langsung melalui Internet dilewati perantara yang ada (disintermediasi). “Brick-and-mortar” perusahaan menjadi “klik-dan-mortir” perusahaan.Akibatnya, beberapa “klik-satunya” perusahaan telah gagal.
4. Kustomisasi dan Customerization:
Dengan kustomisasi, perusahaan desain khusus persembahan pasar untuk pelanggan.Dengan Customerization, pelanggan desain persembahan pasar dan perusahaan membuatnya.

  • E-commerce sebagai Networked Economy

1. Menciptakan nilai sebagian besar melalui pengumpulan, sintesis dan distribusi informasi
2. Merumuskan strategi yang membuat manajemen perusahaan dan teknologi konvergen
3. Bersaing secara real time bukan di “waktu siklus”
4. Beroperasi di dunia yang ditandai dengan hambatan rendah untuk masuk, mendekati nol biaya 4. variabel operasi dan persaingan pergeseran
5. Mengatur sumber daya di sekitar sisi permintaan daripada sisi penawaran
6. Mengelola hubungan baik dengan pelanggan melalui teknologi

  •  E-commerce Today
  1. Internet adalah kendaraan yang sempurna untuk e-commerce karena standar terbuka dan struktur.
  2. Tidak ada metodologi atau teknologi lainnya telah terbukti untuk bekerja serta internet untuk mendistribusikan informasi dan membawa orang bersama-sama.
  3. Murah dan relatif mudah untuk menggunakannya sebagai media untuk menghubungkan pelanggan, pemasok, dan karyawan dari suatu perusahaan.
  4. Tidak ada mekanisme lain telah dibuat yang memungkinkan organisasi untuk menjangkau siapa pun dan semua orang seperti Internet.

Internet memungkinkan bisnis besar untuk bertindak seperti orang-orang kecil dan usaha kecil untuk bertindak besar.Tantangan untuk bisnis adalah untuk melakukan transaksi bukan hanya lebih murah dan lebih mudah untuk diri mereka sendiri tetapi juga lebih mudah dan lebih nyaman bagi pelanggan dan pemasok.Ini lebih dari sekedar posting situs web mencari yang bagus dengan banyak animasi lucu dan mengharapkan pelanggan dan pemasok untuk mencari tahu solusi berbasis web harus lebih mudah digunakan dan lebih nyaman daripada metode tradisional jika sebuah perusahaan berharap untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.

 

  • Empat Kategori dari E-Commerce

2

Kategori yang berbeda dari E-Commerce

  1. Business to Business (B2B) mengacu pada spektrum penuh e-commerce yang dapat terjadi antara dua organisasi. Ini termasuk pembelian dan pengadaan, manajemen pemasok, manajemen persediaan, manajemen saluran, kegiatan penjualan, manajemen pembayaran & layanan dan dukungan.Contoh: FreeMarkets, Dell dan General Electric 
  2. Business to Consumer (B2C) mengacu pada pertukaran antara bisnis dan konsumen, kegiatan dilacak adalah pencarian konsumen, tanya jawab dan layanan dan dukungan. Contoh: Amazon, Yahoo dan Charles Schwab & Co
  3. Peer to Peer (C2C) pertukaran melibatkan transaksi antara dan di antara konsumen. Ini dapat termasuk keterlibatan pihak ketiga, seperti dalam kasus situs lelang Ebay.
    Contoh: Owners.com, Craiglist, Rakasa
  4. Konsumen untuk Bisnis (C2B) melibatkan ketika konsumen bersatu untuk menampilkan diri sebagai pembeli dalam kelompok.
    Contoh: www.planetfeedback.com
  • Kategori Konvergensi E-Commerce

3

Driver kunci E-commerce

  1. Teknologi – tingkat kemajuan infrastruktur telekomunikasi
  2. Politik – peran pemerintah, menciptakan undang-undang, pendanaan dan dukungan
  3. keterampilan IT, pendidikan dan pelatihan pengguna – sosial
  4. kesehatan kekayaan umum dan komersial bangsa – Ekonomi

Budaya-sikap organisasi untuk R & D, kemauan untuk berinovasi dan menggunakan teknologi


Dampak manfaat-komersial pada kinerja keuangan perusahaan

  • Terampil / berkomitmen workforce- bersedia dan mampu menerapkan dan menggunakan teknologi baru
  • Kebutuhan pelanggan / pemasok-dalam hal produk dan layanan
  • Kompetisi- tetap di depan atau tetap dengan pesaing


Perbandingan E-Commerce

Biaya transaksi yang lebih rendah

– jika sebuah situs e-commerce dilaksanakan dengan baik, web bisa secara signifikan lebih rendah baik biaya order-mengambil depan dan biaya layanan pelanggan
pembelian yang lebih besar per transaksi

– Amazon menawarkan fitur yang tidak ada penawaran toko yang normal
Integrasi ke dalam siklus bisnis

Orang-orang dapat berbelanja dengan cara yang berbeda,yaitu antara lain:

  1. Kemampuan untuk membangun perintah selama beberapa hari
  2. Kemampuan untuk mengkonfigurasi produk dan melihat harga yang sebenarnya
  3. Kemampuan untuk dengan mudah membangun perintah kustom rumit
  4. Kemampuan untuk membandingkan harga antara beberapa vendor dengan mudah
  5. Kemampuan untuk mencari katalog besar dengan mudah
  6. katalog yang lebih besar

– interaksi pelanggan ditingkatkan – perusahaan.

Keterbatasan E-commerce

  • Untuk organisasi: kurangnya keamanan, kehandalan, standar, perubahan teknologi, tekanan untuk berinovasi, persaingan, vs teknologi baru berusia
  • Untuk konsumen: biaya peralatan, biaya akses, pengetahuan, kurangnya privasi untuk data pribadi, penggantian hubungan
  • Untuk masyarakat: interaksi kurang manusiawi, divisi sosial, ketergantungan pada teknologi, sumber daya terbuang, JIT manufaktur

Keterbatasan teknis

  • Ada kurangnya standar yang diterima secara universal untuk kualitas, keamanan, dan kehandalan
  • Bandwidth telekomunikasi tidak cukup
  • alat pengembangan perangkat lunak masih berkembang
  • Ada kesulitan dalam mengintegrasikan Internet dan software EC dengan beberapa yang ada (terutama legacy) aplikasi dan database.
  • Web server khusus selain server jaringan yang diperlukan (biaya tambahan).
  • aksesibilitas internet masih mahal dan / atau tidak nyaman

Teknologi berbasis web

  • website
  • E-mail
  • Mesin pencari
  • komunikasi interaktif

  Manfaat dan Tantangan E-commerce


4

 

  • E-Bisnis di Era Digital

– Melibatkan penggunaan platform elektronik untuk melakukan bisnis perusahaan.
– situs web untuk penjualan dan hubungan pelanggan
– Intranet untuk komunikasi dalam-perusahaan
– Extranet yang menghubungkan dengan pemasok utama dan distributor

  • E-Commerce di Era Digital

Lebih spesifik dari e-bisnis.
Melibatkan pembelian dan penjualan proses didukung oleh sarana elektronik, terutama internet.
termasuk:
– e-marketing
– e-buy (e-procurement)

  • E-commerce vs E-bisnis

– E-commerce: melakukan bisnis secara elektronik,melakukan transaksi keuangan secara elektronik
– E-bisnis: melakukan bisnis di Internet, transformasi proses bisnis melalui Internet

  • E-Marketing di Era Digital

Sisi pemasaran e-commerce.
Termasuk upaya untuk berkomunikasi tentang, mempromosikan, dan menjual produk dan jasa melalui Internet.
E-buy adalah sisi pembelian e-commerce.
Ini terdiri dari perusahaan membeli barang, jasa, dan informasi dari pemasok secara online

Jenis e-marketer

5

Perusahaan Only Click

6

Alasan Kegagalan dot.com

  • Penelitian yang buruk atau perencanaan.
  • Mengandalkan berputar dan hype bukan strategi pemasaran.
  • Menghabiskan terlalu berat pada identitas merek.
  • Dikhususkan terlalu banyak usaha untuk memperoleh pelanggan baru, bukan membangun loyalitas.

Klik-dan-mortir perusahaan
Sebagian besar perusahaan didirikan menolak menambahkan situs Web karena potensi konflik saluran dan kanibalisasi.
Banyak sekarang melakukan lebih baik dari perusahaan klik saja.
alasan:

  1. nama-nama merek terpercaya dan lebih banyak sumber daya
  2. basis pelanggan besar
  3. pengetahuan yang lebih dan pengalaman
  4. Hubungan yang baik dengan pemasok
  5. Dapat menawarkan pelanggan lebih banyak pilihan

Menyiapkan untuk E-Marketing? Pemasaran online

7

Pilihan

  • membuat website
  • Menempatkan iklan secara online dan promosi
  • Membuat atau menggunakan komunitas Web
  • Menggunakan E-mail
  • website perusahaan
  • Membangun goodwill dan hubungan; menghasilkan kegembiraan
  • situs pemasaran
  • Melibatkan konsumen? Dan berusaha untuk mempengaruhi pembelian
  • desain website
  • 7 C desain website yang efektif

Melakukan E-Commerce
Tujuh C dari Desain Website,yaitu:

  1. Konteks
  2. kadar
  3. Masyarakat
  4. Komunikasi
  5. Koneksi
  6. Perdagangan
  7. kustomisasi

The 7C tentang desain Website

8

Fit dan Penguatan Cs?

9

Menyiapkan untuk E-Marketing
Pilihan

  • membuat website
  • Menempatkan iklan secara online dan promosi
  • Membuat atau menggunakan komunitas Web
  • Menggunakan E-mail
  • formulir online iklan dan promosi
  • Iklan Banner / tickers
  • pencakar langit
  • pengantara
  • sponsor konten
  • microsites
  • Pemasaran viral
  • Masa Depan iklan secara online

Web Iklan
– iklan banner: memungkinkan untuk iklan yang lebih bertarget

10

– Pop-up iklan: pop-under iklan ditampilkan di jendela browser yang terpisah di bawah jendela browser utama Anda dan tetap di sana sampai Anda menutup mereka

– Pencakar langit: Sebuah iklan di situs Web yang berorientasi vertikal pada halaman dan lebih besar dari banner iklan khas

– Pengantara: biasanya iklan satu halaman penuh ditampilkan saat pengguna dalam transit dari satu halaman ke halaman lain, dipicu oleh kode termasuk dalam link

– Microsites: daerah terbatas di Web dikelola dan dibayar oleh perusahaan eksternal

http://www.autotrader.com/

Pemasaran viral

13

Menyiapkan untuk E-Marketing

Pilihan

  • membuat website
  • Menempatkan iklan secara online dan promosi
  • Membuat atau menggunakan komunitas Web
  • Menggunakan E-mail
  • masyarakat web memungkinkan anggota dengan kepentingan khusus untuk bertukar pandangan
  • komunitas sosial
  • masyarakat terkait dengan pekerjaan
  • Pemasar menemukan demografi didefinisikan dengan baik dan kepentingan bersama berguna ketika pemasaran

Menyiapkan untuk E-Marketing

Pilihan

– membuat website
– Menempatkan iklan secara online dan promosi
– Membuat atau menggunakan komunitas Web
– Menggunakan E-mail
– Email Pemasaran
– alat kunci untuk B2B dan B2C pemasaran
– Clutter adalah masalah
– bentuk diperkaya dari e-mail & upaya untuk menerobos kekacauan
– Spam adalah masalah

  • Manfaat E-commerce
  1. Untuk konsumen: akses 24/7, lebih banyak pilihan, perbandingan harga, peningkatan pengiriman, persaingan
  2. Untuk organisasi: pasar Internasional (jangkauan global), penghematan biaya, kustomisasi, mengurangi persediaan, digitalisasi produk / jasa
  3. Untuk masyarakat: praktek kerja yang fleksibel, menghubungkan orang, pelayanan publik
  •  Manfaat bagi Konsumen
  1. kenyamanan
  2. Membeli mudah dan swasta
  3. Menyediakan akses produk yang lebih besar dan seleksi
  4. Menyediakan akses ke informasi komparatif
  5. Membeli adalah interaktif dan segera
  • Manfaat bagi Organisasi
  1. alat yang ampuh untuk membangun hubungan pelanggan
  2. Dapat mengurangi biaya
  3. Dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi
  4. Menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam penawaran dan program
  5. Adalah media benar-benar global
  • Manfaat bagi Masyarakat
  1. Lebih individu dapat bekerja dari rumah
  2. Manfaat orang yang kurang makmur
  3. negara-negara dunia ketiga mendapatkan akses
  4. Memfasilitasi pelayanan publik
  • Iklan Online dan Promosi
  1. Bentuk iklan online & promosi:
  2. Banner iklan & tickers (bergerak melintasi layar)
  3. Pencakar langit (tinggi, iklan kurus di sisi halaman a)
  4. Persegi panjang (kotak yang lebih besar dari banner)
  5. Pengantara (pop up antara perubahan di situs Web)
  6. sponsor konten (mensponsori konten khusus)
  7. Microsites (daerah terbatas dibayar oleh sebuah perusahaan eksternal)
  8. Viral marketing (versi Internet word-of-mouth)

Tekanan Bisnis
Lingkungan bisnis merujuk pada tindakan sosial, ekonomi, hukum, teknologi, dan politik yang mempengaruhi kegiatan usaha
tekanan bisnis dibagi menjadi kategori berikut:
– Pasar (ekonomi)
– Masyarakat
– Teknologi

Tekanan Bisnis utama & Peran E-Commerce

14

Tanggapan organisasi
sistem strategis
– Menyediakan organisasi dengan keunggulan strategis, memungkinkan mereka untuk:

  1. Meningkatkan pangsa pasar mereka
  2. Lebih baik bernegosiasi dengan pemasok mereka
  3. Mencegah pesaing memasuki wilayah mereka
  4. Upaya perbaikan terus-menerus

– Banyak perusahaan terus melakukan program-program untuk meningkatkan:

  1. Produktifitas
  2. Kualitas
  3. Pelayanan pelanggan
  4. rekayasa ulang proses bisnis (BPR)

– Tekanan bisnis yang kuat mungkin memerlukan perubahan radikal
– Upaya semacam ini disebut sebagai rekayasa ulang proses bisnis (BPR)

Aliansi bisnis
– Aliansi dengan perusahaan lain, bahkan para pesaing, dapat bermanfaat
– Virtual perusahaan-elektronik didukung patungan sementara

  1. organisasi khusus untuk tertentu
  2. Misi waktu terbatas
  3. pasar elektronik

– Efisiensi perdagangan yang dioptimalkan
– Aktifkan anggota mereka untuk bersaing secara global
– Membutuhkan kolaborasi dari perusahaan yang berbeda dan pesaing

Pengurangan waktu siklus dan waktu ke pasar
– Waktu siklus reduksi-memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk sebuah bisnis untuk menyelesaikan kegiatan produktif dari awal sampai akhir
– Sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing
– Aplikasi berbasis Extranet mempercepat langkah-langkah dalam proses produk atau layanan pengembangan, pengujian, dan implementasi

Perumusan strategi
tiga strategi generik Porter untuk bisnis:
– fokus
– kepemimpinan biaya rendah
– diferensiasi
Diferensiasi di sektor e-commerce baru adalah kunci keberhasilan

Kerangka klasik untuk Manajemen Strategi

15

  • E-commerce dan Organisasi

Organisasi yang melakukan e-commerce melakukannya dari dua kemungkinan titik awal:
– organisasi online baru
– organisasi yang didirikan tradisional
Faktor-faktor untuk sukses:
– keuntungan pertama-penggerak
– diferensiasi di pasar
– fleksibilitas dan kelincahan dalam elektronik
marketspace

Tujuh dimensi E-commerce Strategi

16

Teknologi Kepemimpinan
Melibatkan lebih dari perangkat keras dan perangkat lunak
Tujuh bidang utama:
– Strategi: fokus pada keselarasan dan perencanaan
– Struktur: fokus pada menjadi e-organisasi
– Sistem: integrasi teknologi
– staf: mengembangkan kolam yang kuat keterampilan
– keterampilan: mengembangkan pengetahuan yang diperlukan
– Gaya: menambah nilai kepada pelanggan
– nilai-nilai bersama: harus membangun nilai bagi organisasi

Layanan Kepemimpinan
– strategi didirikan pelanggan masih berlaku
kekuatan layanan internet berasal dari memberikan informasi tambahan kepada pelanggan
Internet menyediakan murah, layanan channel berkualitas tinggi dengan jangkauan global
– Strategi call center harus didefinisikan
– channel antarmuka E-mail harus didefinisikan

Merek Kepemimpinan

  • Branding kekuatan berasal dari menjadi penggerak pertama
  • penguatan merek adalah tugas yang terus menerus
  • Positioning merek dapat didefinisikan menggunakan rantai nilai layanan Internet
  • pengikut merek perlu reposisi secepat dan seefektif mungkin
  • Mengembangkan Winning E-strategi
  • Memastikan bahwa proyek ini didukung oleh manajemen senior
  • Mengembangkan strategi sebelum kehadiran Web
  • Mengembangkan strategi dengan berfokus pada teknologi, branding, pemasaran dan layanan
  • Mengidentifikasi dan menggunakan pengetahuan dalam organisasi
  • Strategi harus menambahkan nilai bagi pelanggan dan harus berubah sebagai persyaratan pelanggan berubah

Tiga Pendekatan untuk Strategi

  1. Pendekatan posisi
  2. Pendekatan sumber
  3. aturan sederhana pendekatan

17

 ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

see you on my next post….

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *