[Review Pertemuan 2 Aplikasi Komputer] Sejarah Komputer

     Dari pertama kali komputer dibuat, komputer telah mengalami perkembangan yang pesat dari generasi ke generasi. Dahulu komputer hanya diartikan untuk membuat visualisasi orang yang melakukan perhitungan aritmatika tetapi sekarang komputer diartikan sebagai sebuah alat atau perangkat mesin yang dapat melakukan pengolahan data. Disini saya akan membahas dengan singkat sejarah komputer dari generasi ke generasi mengikuti perkembangan jaman, langsung saja saya bahas sejarah komputer dibawah ini…

SEJARAH

SEJARAH KOMPUTER

1. Generasi pertama (1946-1959)

sejarah perkembangan komputer 1

Pada generasi ini, komputer pertama kali ada yaitu sekitar tahun (1946-1956). Asal mula komputer dibuat karena dalam perang dunia kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer.
Seperti gambar diatas, komputer generasi pertama ini sangat besar karena penggunaan tube vakum dan silinder magnetik untuk menyimpan data. Karakteristik dari komputer pada generasi ini yaitu dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas terntentu.

2. Generasi kedua (1959-1964)

generasi-2-3

Pada tahun 1960, komputer pada generasi ini mulai bermunculan. Komputer pada generasi ini sukses di bidang bisnis, perusahaan serta perguruan tinggi. Komputer-komputer generasi kedua ini sudah lebih canggih daripada komputer generasi pertama karena sepenuhnya sebuah komputer telah menggunakan transistor,memiliki kelebihan dalam menggunakan tenaga listrik yang tidak besar serta sistem operasi untuk sebuah komputer telah dibangun pada generasi ini.
Komputer pada generasi ini dikatakan ukurannya sudah sedikit lebih kecil, lebih cepat, dapat diandalkan, lebih murah, serta hemat energi dibanding generasi komputer pertama.

3. Generasi ketiga (1964-1970)

univac-1108

Pada tahun 1958, IC (Integrated circuit) membuat penemuan terbaru yaitu mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa serta para ilmuwan juga berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen sebuah komputer ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kelebihan  komputer pada generasi ini yaitu komputer yang lebih berguna dan lebih kecil, penggunaan tenaga listrik yang rendah dan juga penggunaan sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama (multiprocessing).

4.Generasi keempat (1970-1990)

komp4

pada generasi ini mulai dikembangkan sebuah komputer micro yang menggunakan processor keluaran intel, serta sekitar tahun 1970 perkembangan komputer sudah menyebar luas ke masyarakat umum karena perakit komputer telah memasarkan komputer yang disebut dengan mini komputer dan dijual lengkap dengan perangkat lunak (software) yang mudah digunakan. Perangkat lunak yang terpopulernya yaitu program pengolah kata dan game. Pada tahun 1980-an IBM telah mempopulerkan komputer yang disebut dengan personal computer (PC) yang dapat digunakan di rumah, sekolah, kantor dll. Dan beberapa tahun kemudian komputer telah berkembang menjadi lebih kecil yang mulanya komputer yang disimpan diatas meja menjadi komputer yang dapat dibawa kemana mana/ bisa dimasukan ke dalam tas (Laptop/Notebook) atau bahkan komputer yang dapat digenggam oleh tangan.

5. Generasi kelima (1990-?)

kompp

Komputer pada generasi kelima ini sudah sangat canggih, karena banyaknya ide ide imajinatif dari para pencipta komputer dalam mengembangkan fungsi fungsi yang terdapat dalam sebuah komputer. Beberapa komputer ini bisa dikatakan sudah cerdas karena memiliki kemampuan untuk menerima instruksi secara lisan dari manusia atau meniru nalar manusia/ bisa dibilang juga dapat mengerjakan tugas dengan kemampuan serta karakteristik seperti manusia. Komputer generasi ini juga lebih maju pada bidang desain komputer dan teknologi yang memungkinkan pembuatan komputer pada generasi ini yang lebih powerfull dan intelligent.

Selain sejarah komputer, sistem operasi juga memiliki sejarahnya, bagaimana perkembangannya, mari kita bahas..

Sistem operasi

images (16)

Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer(software) yang berguna untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

Sejarah sistem operasi:

1. Generasi pertama

Pada generasi ini sistem operasi belum terbuat karena kemampuan komputer yang masih terbatas, maka sistem komputer hanya diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2. Generasi kedua
Pada tahun 1964, IBM mengeluarkan komputer keluarga system/360 dan juga sistem operasinya yaitu OS/360. OS ini berevolusi menjadi System 370.

3. Generasi ketiga
Pada generasi ini sistem operasi dikembangkan untuk menyediakan layanan untuk user(pengguna).

4. Generasi keempat
Pada generasi ini sudah berkembang sistem operasi berbasis GUI (Graphical User  Interface) yang memiliki antarmuka yang berbasis grafis yang mebuat kenyamanan para user.

Perkembangan sistem operasi:

  1. Tahun 1956: Sistem operasi GM-NAAI/O
  2. Tahun 1969: Unix
  3. Tahun 1973: XeroxAlto
  4. Tahun 1980: QDOS
  5. Tahun 1981: PC DOS(MS DOS)
  6. Tahun 1983-1985: MS.DOS 2.0, MS.DOS 3.0, Microsoft Windows 1.0, Novell Netware
  7. Tahun 1988-1990: MS.DOS 4.0, Microsoft office
  8. Tahun 1991-1995: Linux 0.01, MS.DOS 5.0,Windows NT,Web browser, MS.DOS 6.0,FreeDOS,Windows 95
  9. Tahun 1996-2000: Windows NT 4.0, Mac OS, Windows 98,Google, Corel Linux, Mac OS/X
  10. Tahun 2001-2005: Windows XP, Open office, Windows 2003, Ubuntu, Mandriva
  11. Tahun 2006: Unbreakable Linux, CHIPLux
  12. Tahun 2007: Vista
  13. Tahun 2008: 3D OS
  14. Tahun 2010: Windows 7
  15. Tahun 2012: Windows 8
  16. Tahun 2014-2015: Windows 10

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *