[Review Pertemuan 1 Aplikasi komputer] DATA-INFORMASI

Dipostingan ini saya akan me-review materi pertemuan 1 aplikasi komputer yaitu tentang pemahaman informasi, pasti sudah tau kan informasi itu apa? Di kehidupan sehari-hari pastinya kita tidak bisa terlepas dari suatu informasi, karena suatu informasi itu penting bagi semua orang, tanpa adanya informasi kita tidak tahu fakta-fakta yg ada. Nah langsung aja saya bahas materi konsep dasar-pemahaman informasi berikut ini….

KONSEP DASAR-PEMAHAMAN INFORMASI

Tujuan Pembelajaran:

1. Agar Mahasiswa dapat membedakan antara data, informasi dan pengetahuan

2. Agar Mahasiswa dapat menggambarkan dan mengevaluasi kualitas informasi dalam hal karakteristiknya

3. Agar Mahasiswa dapat mengklasifikasikan keputusan berdasarkan jenis dan tingkat organisasi

4. Agar Mahasiswa dapat mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk mendukung keputusan yang dibuat pada tingkat organisasi yang berbeda.

MASALAH MANEJEMEN

Dari perspektif manajerial, bab ini membahas bidang-bidang berikut:
1. Pentingnya pengelolaan informasi dan pengetahuan sebagai aset utama organisasi
2. Proses transformasi dari data informasi berkualitas tinggi
3. Proses dan kendala pengambilan keputusan
4. Berbagai jenis keputusan bahwa manajer mebuat dan cara mempengaruhi organisasi

TEKNOLOGI INFORMASI

Dimanakah penekanannya? dan Dimanakah seharusnya?

Peter Drucker menekankan pentingnya informasi kepada daya saing organisasi pada tahun 1993.
Industri yang telah pindah ke pusat perekonomian di empat puluh tahun terakhir, memiliki berbagai bisnis, produksi dan distribusi pengetahuan serta informasi daripada produksi dan hal distribusi.

DATA

Apakah itu Data?

Data adalah fakta mentah atau pengamatan yang diaggap memiliki sedikit / tidak ada nilai, sampai sebuah data itu telah diproses dan diubah menjadi sebuah informasi. Data memiliki beberapa definisi yaitu diantaranya:

– Serangkaian  simbol, angka, nilai-nilai atau kata-kata yang tidak diacak
– Serangkaian fakta yang diperoleh dengan observasi atau penelitian dan dicatat;
– Kumpulan fakta yang tidak diacak.
– Catatan dari suatu peristiwa atau fakta.

contoh sebuah data: tanggal, jumlah angka dll.

INFORMASI

Apakah itu Informasi?

Informasi adalah data yang telah diolah (diproses dan diubah) sehingga memiliki suatu makna. beberapa definisi dari Informasi:
– Data yang telah diolah sehingga bermakna
– Data yang telah diproses untuk tujuan tertentu
– Data yang telah dipahami dan dimengerti oleh penerima

contoh sebuah informasi: pernyataan bank, jadwal dll.

** Transformasi data menjadi Informasi menggunakan proses data

DATA –> PROSES TRANSFORMASI –> INFORMASI

Informasi dapat melibatkan suatu transformasi data menggunakan proses yang didefinisikan serta
melibatkan penempatan data dalam beberapa bentuk konteks yang bermakna, diproduksi untuk menanggapi kebutuhan informasi (melayani tujuan tertentu) dan membantu mengurangi ketidakpastian, dengan demikian meningkatkan perilaku keputusan.

** TIPE PROSES INFORMASI

Klasifikasi : menempatkan data ke dalam kategori, misalnya, mengkategorikan beban atau biaya variabel tetap.
– Menata ulang / menyortir : pengorganisasian data sehingga barang dikelompokkan bersama-sama atau ditempatkan dalam urutan tertentu. Misalnya, data karyawan yang mungkin diurutkan sesuai nama terakhir atau nomor gaji.
Agregat : meringkas data, misalnya, dengan menghitung rata-rata, total atau subtotal.
Melakukan perhitungan : contoh: menghitung gaji kotor karyawan dengan mengalikan jumlah jam kerja dengan tarif per jam dari gaji.
Seleksi : memilih atau membuang item data atas dasar seperangkat kriteria seleksi. Sebuah organisasi penjualan, misalnya, dapat membuat daftar calon pelanggan dengan memilih orang-orang dengan pendapatan di atas tingkat tertentu.

** NILAI INFORMASI

1. Nilai yang nyata (Tangible value) : Nilai Info, contoh: info biaya gathering

2. Nilai tak berwujud (Intangible value) : Perbaikan dalam perilaku keputusan, contoh: Biaya pengumpulan informasi

** Pentingnya Informasi Informal

1. Komunikasi formal: menyajikan informasi secara terstruktur dan konsisten.
2. Komunikasi informal: menjelaskan informasi yang kurang terstruktur dengan baik yang disampaikan dengan cara informal seperti percakapan biasa antara anggota staf.

** DIMENSI KUALITAS INFORMASI

gambar

HUBUNGAN E-BUSINESS & IT

Ketika bisnis memiliki informasi yang terintegrasi dan teknologi komunikasi (TIK) dalam operasinya, memiliki potensi untuk mendesain ulang proses bisnis di seluruh ICT atau benar-benar menciptakan kembali model bisnis yang dipahami sebagai integrasi semua kegiatan ini dengan proses internal dari bisnis melalui ICT.

DUKUNGAN INFORMASI TERHADAP MANAJER

Henri Fayol (1841-1925) menyusun definisi klasik manajemen yang masih banyak digunakan di kedua industri dan akademisi.

‘To manage is to forecast and plan, to organise, to command, to coordinate and to control’

JENIS KEPUTUSAN

– Perilaku keputusan: Menjelaskan bagaimana orang membuat keputusan dan faktor-faktor yang mempengaruhi mereka.
– Keputusan terstruktur: Situasi dimana aturan dan batasan yang mengatur keputusan yang diketahui.
– Keputusan yang tidak terstruktur: Situasi kompleks, dimana peraturan yang mengatur suatu keputusan yang rumit atau tidak diketahui.
– Gaya kognitif: Menjelaskan cara dimana seorang manajer menyerap informasi dan mencapai keputusan. gaya kognitif seorang manajer akan jatuh antara gaya analitis dan intuitif.

HARD DATA & SOFT DATA

1. Hard Data, juga dikenal sebagai data kuantitatif, cenderung memanfaatkan tokoh-tokoh, seperti statistik. Hard data sering dikumpulkan untuk mengukur atau menghitung suatu objek atau situasi.

2. Soft Data, sering dikenal sebagai data kualitatif, cenderung fokus untuk menggambarkan kualitas atau karakteristik dari suatu obyek atau situasi. Misalnya, wawancara sering digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif yang berkaitan dengan pendapat atau keyakinan seseorang.

KEPUTUSAN & TINGKAT MANAJEMEN

gambar1

Tingkat pengambilan keputusan manajerial

gambar1

KARAKTER INFORMASI DENGAN TINGKAT MANAJEMEN

gambar2

MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN

gambar3

PERATURAN BISNIS

Aturan bisnis: Sebuah aturan yang mendefinisikan tindakan yang perlu dilakukan dalam bisnis ketika situasi tertentu muncul.
Misalnya, aturan bisnis mungkin menyatakan bahwa jika pelanggan meminta kredit dan mereka memiliki sejarah default pada pembayaran, maka kredit tidak akan dikeluarkan.
Aturan bisnis dipecah menjadi sebuah peristiwa yang memicu aturan dengan kondisi tes yang mengakibatkan tindakan yang terdefinisikan.

MANAJEMEN PENGETAHUAN

The European Guide to Best Practice in Knowledge Management, mendefinisikan pengetahuan sebagai:

“Kombinasi dari data dan informasi yang ditambahkan oleh pendapat ahli, keterampilan dan pengalaman untuk menghasilkan aset berharga yang dapat digunakan untuk membuat keputusan. Ini adalah faktor penting dalam menambahkan makna informasi. Pengetahuan mungkin eksplisit dan / atau diam-diam, individu dan / atau kolektif. ” Mekhilef et al., 2003.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *