Jaringan Komputer

computer-network-security

Dipost ini saya akan membahas tentang jaringan, hampir semua orang sudah mengenal jaringan, karena jaringan telah menjadi makanan atau keperluan sehari-hari manusia dimana seseorang itu memerlukan jaringan internet untuk mengakses sesuatu, memerlukan jaringan dari kartu sim untuk menelepon atau mengirim pesan dan sebagainya. Nah apa pengertian dari jaringan itu sendiri?

Jaringan adalah segala sesuatu yang saling terhubung satu sama lain. Sedangkan, Jaringan Komputer adalah dimana satu computer dengan computer lain atau beberapa computer saling terhubung untuk melakukan pengiriman dan penerimaan data.

Manfaat Jaringan Computer

  1. Penggunaan sumber daya secara bersama-sama,contoh: penggunaan printer
  2. Berbagi data lebih cepat dan efisien, tidak perlu bersusah-susah dalam membagikan data ke computer lain
  3. Mudah dalam membackup data.
  4. Penggunaan Aplikasi yang dapat dipakai bersama-sama.
  5. Menghemat biaya.

Jenis-Jenis Jaringan Computer

1. PAN (Personal Area Network)

pan

PAN adalah jaringan computer yang cakupan areanya kecil yaitu antara computer perangkat yang dekat dari satu orang. Contoh penggunaan jaringan ini yaitu seperti 1 komputer berkomunikasi dengan  1 komputer lain, computer dengan telepon, computer dengan kamera dll. Cakupan area jaringan ini hanya beberapa meter saja

2. LAN (Local Area Network)

LAN-Network-Diagram

LAN adalah jaringan computer yang cakupan areanya yaitu 1 daerah  seperti  jaringan computer dirumah,kampus,kantor, gedung dan yang lebih kecil lagi.

3. MAN (Metropolitan Area Network)

4647385

MAN adalah jaringan computer yang cakupan areanya yaitu 1 kota seperti jaringan computer di kampus, perkantoran, pemerintahan dan lain sebagainya.

4. WAN (Wide Area Network)

lanwan

WAN adalah jaringan computer yang cakupan areanya yaitu area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara.

5. Internet

Internet adalah jaringan computer yang cakupan areanya yaitu seluruh dunia.

6. Intranet

Intranet adalah jaringan computer yang biasa digunakan dalam suatu perusahaan karena sifatnya private network.

Setelah saya bahas pengertian, manfaat serta jenis-jenis jaringan computer saya simpulkan, setiap komputer yang kita temui merupakan bagian dari sebuah jaringan komputer yang kompleks. Misalkan: ada sebuah laptop/komputer yang tadinya berdiri sendiri (stand alone) kemudian saya tambahkan sebuah USB Modem sehingga terhubung ke internet, maka komputer tersebut telah terhubung dan merupakan bagian dari sebuah jaringan yang sangat luas yaitu WAN (Wide Area Network).

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *